Info Lowongan Kerja di Kota Langsa, Begini Kata Kabid Ketenagakerjaan DPMPTSP

SHARE

Para lulusan SMA/sederajat dan S1 saat ini masih menunggu-nunggu jadwal penerimaan CPNS. 

Selain itu, juga banyak yang mencari lowongan kerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD maupun swasta. 

Lantas bagaimana info lowongan kerja di Kota Langsa

Serambinews.com pun mempertanyakan hal ini kepada Kabid Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Langsa, Eddy Mukhti, SE, M.AP, Kamis (24/6/2021).

"Pihak swasta atau BUMN sampai sekarang belum ada melaporkan tentang pembukaan lowongan kerja baru atau penerimaan karyawan baru," kata Eddy Mukhti.  

Eddy Mukhti mengakui bahwa selama ini sudah banyak kabupaten/kota di Aceh melakukan pola kerja sama penerimaan karyawan baru maupun pelatihan antara perusahaan swasta  BUMN hingga BUMD.

Kerja sama itu dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). 

Namun, mungkin karena di Pemko Langsa belum terbentuk Dinas Ketenagakerjaan, pola kerja sama tersebut belum bisa dilakukan seperti daerah lain.

"Kita saat ini hanya baru ada Bidang Naker yang ditempatkan di DPMPTSP, sebelumnya Bidang Naker ini berada di Dinas Sosial," terangnya.

Sedangkan jika Disnaker telah ada, tambah Eddy, seperti yang telah dilakukan berbagai daerah lainnya, Disnaker bekerja sama dengan perusahaan swasta, BUMNBUMD sudah menggagas berbagai pelatihan bagi masyarakat.

Termasuk akan dirancang kerja sama antara Disnaker dan perusahaan setiap dibukanya atau penerimaan pekerja baru di perusahaan terkait, Disnaker membantu melakukan perekrutan.

Eddy mengatakan seharusnya, Naker terbentuk menjadi Dinas di Pemko Langsa, karena cakupan kerja Disnaker luas, terutama membawahi bidang ketenagakerjaan dan hal lainnya.

Menyikapi kebutuhan dinas itu, Pemko Langsa saat ini sedang melakukan proses terbentuknya Naker menjadi Disnaker, dan kini sudah dalam proses penggodokannya.

Mungkin, pada tahun 2022 nanti Dinas Ketenagakerjaan ini sudah terbentuk di Pemko Langsa, setelah usulan ke Kementerian terkait selesai dilakukan dan termasuk pembuatan qanunnya.

"Setelah terbentuk, maka Disnaker sudah bisa membangun pola kerja sama dengan semua perusahaan di daerah, salah satunya bertujuan membantu masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan," imbuhnya. (*)

 

sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/06/25/info-lowongan-kerja-di-kota-langsa-begini-kata-kabid-ketenagakerjaan-dpmptsp. Penulis: Zubir | Editor: Mursal Ismail