Bersama DPMPTSP Langsa Dan SMKN 3 Langsa \\\"Lapas Narkotika Giat Pelatihan Dasar Menjahit Bagi WBP

SHARE

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika kelas II B Kota Langsa melaksanakan kegiatan
Pembukaan Pelatihan Dasar Menjahit bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di Hall Lapas setempat, Senin, 21 Maret 2022, Sekira pukul : 10.00 wib.

Kegiatan pelatihan dasar menjahit bagi WBP Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa ini di selenggarakan dengan menggandeng atau bersinergi bersama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Langsa dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Langsa.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut antara lain :

  • Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar.
  • Kepala DPMPTSP Pemko Langsa, Ir. Abdul Qayum.
  • Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP dan juga selaku Mediator HI, Eddy Mukhti. SE.
  • Kepala SMKN 3 Kota Langsa,
    Dra. Nuraini M.Pd.
  • Rita Fitriani S.Pd. (Instruktur)
  • Kiki Syafrida Yangi S.Pd. (Instruktur).
  • Kasubbag TU Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Hasan Basri.
  • Kasi Binadikgiatja Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Yopi Syahputra.
  • Kasi Adm. Kamtib, Lapas Narkotika kelals II B Kota Langsa, Tantawi Jauhari.
  • KPLP Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa, Idris.
  • Kasubsi Giatja Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Juanda Nilsyah.
  • Kasubsi Register, Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Firman S.
  • Staf Giatja dan puluhan WBP yang mengikuti program pelatihan dasar menjahit.

Kalapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar, Usai membuka secara resmi pembukaan pelatihan dasar menjahit dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini juga merupakan Program Pembinaan Kepribadian dam Kemandirian bagi para WBP dan ini sudah berlanjut selama 2 tahun dimana pada tahun 2021 lalu, WBP Lapas Narkotika ini juga diberikan pelatihan pertukangan.

Lanjutnya, Dalam pelaksanaannya, Kami menggandeng atau bersinergi bersama DPMPTSP Pemko Langsa serta SMKN 3 Kota Langsa selaku Instruktur Pelatihan Dasar Menjahit dan diharapkan kepada para WBP benar – benar serius dalam mengikuti pelatihan dasar menjahit, tutur Kalapas Narkotika kelas II B Kota Langsa, Herman Anwar.

Sementara, Kepala DPMPTSP Pemko Langsa, Ir. Abdul Qayum dalam sambutannya menyampaikan, Kegiatan pelatihan ini sangat penting dan nantinya akan berguna bagi para WBP Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa sebagai bekal untuk kembali ke masyarakat agar bisa berkarya dan berdaya guna di masyarakat setelah menghirup udara bebas nantinya.

Dirinya berharap agar para WBP yang mengikuti pelatihan dasar menjahit ini, dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan dapat memberikan masukan dan pengetahuan kepada WBP lainnya agar tetap lestari diantara mereka, Kata Kepala DPMPTSP Pemko Langsa, Ir. Abdul Qayum.

Ditempat yang sama Kasi Binadikgiatja, Yopi Syahputra, melalui Kasubsi Giatja, Juanda Nilsyah menyampaikan,
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan yang mana nantinya di ikuti puluhan WBP Lapas Narkotika Kelas II B Kota Langsa dengan target setelah ikut pelatihan dasar keterampilan menjahit selama 14 hari ke depan nantinya diharapkan mampu menguasai ilmu menjahit untuk cikal bakal usaha mandiri mereka saat bebas menjalani hukumannya, sebutnya.

“Saya sangat senang diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan dasar menjahit seperti ini, Allhamdulillah, Ini jadi bekal saya setelah keluar dari menjalani hukuman di Lapas Narkotika kelas II B Kota Langsa”, Imbuh Agus seorang WBP yang mengikuti kegiatan pelatihan dasar menjahit.

Kegiatan di akhiri dengan penyerahan sarana prasarana pelatihan dasar menjahit kepada WBP secara simbolis oleh Kalapas dan Kepala DPMPTSP Pemko Langsa.